UAN Perlu Tidak Sih?

Setelah beberapa saat yang lama tidak aktif ngeblog, sekarang saya mencoba membuat lagi artikel yang bertujuan untuk mengisi blog saya yang semakin merosot alexa ranknya semakin lama. Kali ini saya ingin membahas tentang pengadaan ujian nasional di Indonesia.


Ujian Nasional atau yang lebih dikenal dengan UAN sekarang marak dibicarakan karena banyak memberikan dampak buruk bagi kelangsungan sistem pendidikan di Indonesia. UAN itu sendiri sebetulnya hanya menguji beberapa mata pelajaran dari semua bidang studi yang ada selama tiga tahun bersekolah di SMA.

UAN saat ini dipakai untuk menjadi satu-satunya tolok ukur kelulusan siswa SMA yang sebetulnya seorang guru llebih berhak menyatakan siswa itu lulus atau tidak dibanding pemerintah yang hanya melihat kemampuan para siswa dengan menilai seseorang dengan beberapa bidang studi yang terjadi hanya dalam waktu 65 hari!

Mudah-mudahan dengan adanya semangat dari para pelajar Indonesia, UAN yang saat ini sepertinya sudah mnurunkan prestasi pendidikan di Indonesia dapat kembali diperbaiki hingga tidak ada yang merasa dirugikan lagi dengan adanya UAN.

23 komentar:

  1. Betull..saya lebih setuju kalo UN dihapus aja deh..

    BalasHapus
  2. UAN?gak perlu!cuma jadi momok pelajar!

    BalasHapus
  3. Dulu waktu aku sekolah tidak ada UAN??

    BalasHapus
  4. thanks for this type of article. Actually I have never heard about this before. But I think is a very useful for the users.

    BalasHapus
  5. udah oke kok sob harus di lanjutkan

    BalasHapus
  6. UAN? menurutku masih perlu sob. pembenahan dan peningkatan pelaksanaan UANnya yang harus betul2 diperhatikan oleh DIKNAS.

    BalasHapus
  7. ane lebih setuju klo UN dihapuskan . . . soalnya 3 tahun sekolah masa hanya ditentukan hanya dengan beberapa hari saja . . . kan gak fair :D

    BalasHapus
  8. Sepertinya UAN masih diperlukan untuk mengukur keberhasilan siswa belajar selama 3 tahun, namun untuk kelulusan tampaknya harus diserahkan ke sekolah masing-masing karena guru2 di sekolah tersebut yang lebih tahu tentang apa dan bagaimana siswanya. Jangan sampai kelulusan ditentukan dari pusat...

    BalasHapus
  9. kalo saya sih dukung aja apa yang terbaik

    BalasHapus
  10. masi perlu,walaupun pelaksaannya kurang baik

    BalasHapus
  11. Mengunjungi yang belum pernah kukunjungi, semoga tetap saling berkunjung, sehingga terjadi budaya kunjung mengunjungi, sehingga blog kita jadi terjunjung, Nice blog

    BalasHapus
  12. klo menurut ane sih, masih perlu.
    Akan tetapi, pelaksanaannya yang harus diperbaiki.
    Setuju sama tulisan mas, enggak cuma 3 mata pelajaran.

    Saya sangat setuju jika yang di UAN kan ditambah ;)

    BalasHapus
  13. assalamualaikum...

    UAN?? g usah aja...hehe

    lama g mampir disini sob...masih aktif g ni???

    BalasHapus
  14. masih perlu kayaknya, namun jangan sampe UAN jadi momok yang menakutkan bagi para pelajar...

    BalasHapus
  15. UAN adalah bentuk Teror terhadap pelajar indonesia, kembalikan aja ke sistem EBTANAS!

    BalasHapus
  16. uan harus dihapus,masa udah bertahun tahun di smp,penentuan nya cuma di uan

    BalasHapus
  17. Saya setuju jika UAN bukan satu-satunya penentu kelulusan. Apalagi kecurangan UAN kini sudah menjadi rahasia umum.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  18. sebenarnay memang UAN itu perlu atau tidak ya, padahal ada siswa yang bener2 pintar, di sekolah juga sikapnya baik2 aja tapi kenapa dengan adanya UAN siswa tersebut tidak lulus, ya tapi semuanya siswa pelajar di Indonesia harus rajin belajar agar dapat nilai yang bagus, thanks

    BalasHapus


Thanks for visit, I hope you enjoy!
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!